Thursday, April 26, 2012





Mungkin banyak orang yang masih belum kenal jurusan otomasi itu seperti apa, mengenai bidang kerja, topik utanya yang dibahas, peluang kerja, dan lain sebagainya. Ok kali ini akan saya sedikit jelaskan mengenai apa itu teknik otomasi, pada kesempatan kali ini yang saya bahas adalah jurusan teknik otomasi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dan semoga bermanfaat ya. Sebelum berlanjut gambaran singkatnya adalah "Teknik Otomasi adalah jurusan yang bertujuan untuk membuat alat-alat agar bisa berjalan secara otomatis (mandiri)"
.
KOMPETENSI UTAMA

  • Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
  • Mampu merancang sistem otomasi proses manufaktur kemaritiman dan industri penunjangnya berbasis PLC (Programmable Logic Controller). 
  • Mampu membangun sistem otomasi berbasis DCS (Distribute Control System), SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) menggunakan software intellution dan antar muka (Human Machine Interface) terhadap instrumen kontrol sebagai pendukung sistem otomasi kemaritiman dan industri penunjangnya. seperti yang ditunjukkan pada Video satu dibawah ini

 
Video 1. Sistem SCADA
  • Mampu membuat rekayasa sistem otomasi kemaritiman,industri penunjangnya, dan robotika dengan menggunakan metode kontrol modern seperti FLC (Fuzzy Logic Controller) dan AI (Artificial Intelligence). Berikut adalah contoh kegiatan mahasiswa otomasi.
 
Video 2. Humanoid Robot Soccer


Video 3. Autonomous Marine

  • Mampu memanfaatkan teknologi telemetri untuk pengendalian jarak jauh pada sistem otomasi kemaritiman dan industri penunjangnya dengan jangkauan area yang luas.


Video 4. Kontrol jarak jauh kapal berbasis android

  • Mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan menyelesaikan masalah -masalah (trouble shooting) yang timbul dibidang otomasi kemaritiman dan industri penunjangnya.  
  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan sistem otomasi secara umum dan konsep teoritis secara khusus dalam bidang pengetahuan sistem otomasi kemaritiman dan industri penunjangnya serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. 
  • Mampu memahami konsep dasar sistem kontrol open loop dan close loop sebagai dasar dari sistem otomasi.
  • Mampu memahami karakteristik dan prinsip kerja instrumen – instrumen kontrol (sensor, tranduser, aktuator dan kontroler) sebagai bagian dari sistem otomasi dan mampu melakukan pengukuran dengan metode yang benar.
  • Mampu membaca dan mengidentifikasi gambar instalasi sistem otomasi.
  • Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi sistem otomasi kemaritiman dan industri penunjangnya.
  • Mampu melakukan pemodelan terhadap sistem kontrol untuk menentukan karakteristik dan performansi sistem.
  • Mampu melakukan analisa performansi aksi kontrol berdasarkan pembacaan data analog dan digital secara benar dengan menggunakan software Matlab untuk menentukan pemilihan mode dan parameter kontrol yang tepat.
Ok. Itulah beberapa gambaran dari jurusan Teknik otomasi, semoga teman-teman semakin bertambah ilmunya dan selalu dalam keadaan sehat. Ayo bergabung dengan Teknik otomasi !!!





6 komentar:

  1. kasih yang lebih banyak lagi ya.... ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nanti akan saya update terus semua ilmu yang saya miliki... kmu klo punya sesuatu sahre aja di sini tidak apa2...

      Delete
    2. iya mas... sippp pokoknya thnks abnyak atas infonya

      Delete
  2. iya mas brooo...... klo emnge kmu punya sesuatu yang bisa di share kmu share di blog aq juga gpp... atau shre linknya.... :)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. WES.. SUE G BUKA BLOG DIE.. HEHEHE
      SHARE ILMU DIKIT2 DIE.. :d

      Delete