Wednesday, September 18, 2013

Salam Teknik Otomasi.. oke kali ini saya akan membahas mengenahi bagaimana cara mengatur putaran motor AC dengan Menggunakan Sensor Arus.


Konsumsi daya yang paling banyak adalah beban – beban induktif.  Besarnya konsumsi daya pada motor induksi dapat di pengaruhi oleh torque  dan percepatan sudut putar motor. Besarnya daya dapat di atur melalui nilai putaran motor yang akan mempengaruhi besarnya percepatan sudut , yaitu dengan metode pengaturan frekuensi menggunakan PID. 


Sensor Arus ACS Dengan Penguat Arus Produk Digiware


Kontrol PID  motor akan dengan otomatis menyesuaikan putaran motor berdasarkan setting point yang telah ditetapkan. Tetapi terlebih dahulu harus dilakukan perubahan tegangan dari AC ke DC dan dari DC- AC sehinggan mampu merubah frekuensi secara mudah. Setting point yang digunakan berdasarkan arus nominal yang bekerja pada motor pada saat keadaan normal (In), sensor yang digunakan adalah sensor arus DT-Sense Current Sensor Keluaran Digiware. Kalau ditanya kenapa saya menggunakan sensor jenis ini??. Saya jawab karena sensor ini sudah dilengkapi dengan penguat jadi biar kalau masuk ADC dapat langsung terbaca perbedaannya. 


Untuk detail data sheet sensor yang saya gunakan dapat langsung di akses di link berikut:

data sheet DT-Sense Current Sensor



Sensor ini memiliki pembacaan dengan ketepatan yang tinggi, karena didalamnya terdapat rangkaian low-offset linear Hall dengan satu lintasan yang terbuat dari tembaga. cara kerja sensor ini adalah arus yang dibaca mengalir melalui kabel tembaga yang terdapat didalamnya yang menghasilkan medan magnet yang di tangkap oleh integrated Hall IC dan diubah menjadi tegangan proporsional. Ketika arus mengalamai kenaikan di atas setting point maka kontroler akan menyesuaikan nilai frekuensi mendekati nilai setting point yang di tentukan. Proses switching berdasarkan frekuensi bias pada basis transistor (IGBT) yang akan di kontrol secara otomatis oleh mikrokontroller.

kalau mau lebih detailnya download aja makalah ku di sini ... :)

Makalah Sensor Arus 

Sekian Kawan Semoga Bermanfaat :)


8 komentar:

  1. bro,mw nanya klo mw ngukur tegangan keluaran sensor arus acs712 gmn ya?
    q udh coba dengan beban lampu yabg berbeda tpi hasilnya 2,5v
    mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas baru lihat...

      kalau ACSnya g detect berarti arusnya terlalu kecil mas... sampean pakai penguat aja.

      Delete
  2. Mas boleh minta program untuk membaca sensor arus di ats?

    ReplyDelete
  3. mas, rangkaian penguat buat acs 20 A kira2 pakai penguat yang mana mas, kalau bisa share mas gambar penguatnya.
    oiya mas, saya juga boleh minta coding arusnya, ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung saja cek di sin mas..

      https://drive.google.com/file/d/0B0kekLvq_lS2RFItb3VEVVhqR00/view?pref=2&pli=1

      Delete