Sunday, December 11, 2016

Salam Otomasi.



Mungkin teman otomasi disini sedang mencari tutorial bagaimana cara mengirim data atau request data dari PHP ke android atau sebaliknya. Banyak sekali manfaatnya terutama untuk automator yang mempunyai project IOT (Internet of Things) selain menggunakan Firebase dan Teleduino, contoh project IOT bisa dilihat pada posting sebelumnya (Teleduino Firebase). Berikut akan sedikit saya jelaskan bagaimana menggunakan HTTP request yang mudah dan pastinya tidak perlu banyak program karena sudah dilengkapi dengan SDK. Kalau teman-teman disini ingin melihat project lain yang menggunakan Http Request dapat dilihat sini.

Langkah 1.
Pada library app/build.gradle tambahkan

Langkah 2.
Tambahkan akses internet pada androidManifest.xml

Langkah 3.
Pada program .java sebelumnya anda menggunakan

Maka ganti dengan kode berikut:

Langkah 4.
Setelah Semuanya selesai berikut adalah bagaimana cara untuk mengirim data dari android ke web server, terlebih dahulu di web server kita harus membuat file .php. Jadi android tidak langsung akses ke mysql kita melainkan kita memanggil file .php yang telah kita buat, dan file .php itulah yang bertugas mengakses database kita dan mengirim balik ke android.  Berikut adalah program untuk mengakses data dari android ke php. "params" digunakan untuk mengirimkan parameter-parameter yang diperlukan untuk akses database.



Langkah 5:
Langkah berikutnya kita akan membuat database di php kita. Berikut adalah contoh database sederhana yang telah saya buat.

 Gambar 1. Database



langkah 6.
Kemudian kita buat file .php-nya kalian bisa menggunakan editor bebas seperti "Notepad++" atau sublime. Kalian bisa download di sini   Notepad++ dan Sublime. Untuk username, password dan nama database sesuaikan dengan database masing-masing. Berikut adalah coding php untuk akses database, jangan lupa ketika membuat file harus dengan extensi .php



Langkah 7.
langkah berikutnya kalian harus mengisikan contoh username dan password pada database anda.
  Gambar 2. Username dan Password
Langkah 8.
Silahkan dicoba...!!!! anda bisa download aplikasi sederhana yang telah saya buat disini, jika ingin membuat tampilan yang lebih kompleks anda bisa menggunakan RecyclerView yang dapat anda pelajari disini 

http://ilmu-otomasi.blogspot.co.id/p/link-download-loopj.html
Salam Otomasi Semoga sukses....!!!!

0 komentar:

Post a Comment