Sunday, December 25, 2016


Gambar 1. Pengambilan data training

Salam Otomasi.....

Kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai bagaimana logika pengenalan wajah menggunakan library OpenCV. Pengenalan wajah telah mendapat perhatian yang signifikan dan masih menjadi topik penelitian yang sering dilakukan di bidang analisis citra, seperti identifikasi, video surveillance, dan kemanan. Principal component analysis (PCA), metode yang paling sering digunakan dalam bidang pengenalan pola dan visi computer, teknik dasar ekstraksi fitur dan representasi data. Sirovich and Kirby [4] berpendapat bahwa setiap gambar wajah dapat direkonstruksikan menjadi image yang lebih kecil dan mewakili image asli yang berdimensi lebih besar. Turk and Pentland [3] telah mempresentasikan metode Eigenface untuk pengenalan wajah pada tahun 1991. Sejak saat itu, PCA menarik banyak perhatian dan telah menjadi salah satu pendekatan yang paling sering digunakan dalam pengenalan wajah. PCA tidak akan terlepas dari database image yang menjadi acuan untuk pengenalan wajah. Pada umumnya database wajah didapatkan dengan mengubah image RGB menjadi Greyscale. Hal ini masih kurang efektif karena banyak fitur dari image yang tidak jelas. Untuk mengatsi hal tersebut sebelum data di simpan ke database, terlebih dahulu citra di proses dengan histogram equalization agar mendapatkan penyebaran derajat keabuan lebih merata, seperti yang dapat dilihat pada Gambar 1.

Data training akkan disimpan dalam sebuah folder tersendiri dengan terlebih dahulu dilakukan pelabelan. seperti yang dilihat pada Gambar 2.


Gambar 2. Training Image

Jika anda ingin mengetahui detail dari bagaimana proses pengenalan wajah silahkan download paper saya di sini.


Semoga bermanfaat :)

Dan berikut adalah video tutorial hasil program yang telah saya buat.










6 komentar:

  1. share me source demo, thanks, email: tinh1005@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Check my new post
      http://www.ilmuotomasi.com/2017/01/soft-computing-face-recognition-using.html

      Delete
  2. pls send me source codes azizerel69@gmail.com

    ReplyDelete
  3. pa, izin bertanya, apabila objeknya di ganti dengan objek lain seperti plat nomor atau benda-benda yang lain bagaimana ya, maap sebelumnya saya lagi nyari tutorial yang seprti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas. tapi saya sarankan mas pakai shift atau surf lebih handal

      Delete
  4. Mas alamat rumahnya mana ya? Saya pengen belajar dengan njenengan

    ReplyDelete