Friday, January 6, 2017


Salam otomasi...

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara mengirim data antar class dan menampilkan pada xml yang berbeda pada android. Sebelumnya jika teman-teman belum mempunyai IDE android studio terbaru dapat di download disini "Download Android Studio" versi android yang terbaru sangat mempengaruhi. Passing data ini sangat penting karena pasti teman-teman menggunakan multi class dalam pemrograman android terutama yang berhubungan dengan CRUD, seperti aplikasi menampilkan data yang telah diakses melalui php dan ditampilkan ke recyclerview seperti project berikut "RecyclerView Android and Data Base".

Pada kesempatan kali ini metode passing data yang saya gunakan adalah dengan metode set dan get, dengan meletakkan instruksi tersebut pada class yang berbeda. Jadi ilustrasinya dapat dilihat seperti pada Gambar 2

Gambar 2. Ilustrasi Transmisi data antar class

Dari gambar 2 dapat diketahui bahwa semua data akan disimpan sementara di class extended (instruksi SET), dan semua class ingin mengambil data maka juka akan melakukan akses ke class extended (instruksi GET), data yang disimpan dalam class exten akan tersimpan sampai aplikasi yang dibuat di tutup. jika ingin langsung mengirim ke class yang dituju dapat menggunakan instruksi PUT pada intent.


1. Buatlah tampilan XLM seperti gambar 3.

Gambar 3. Tampilan Main
 
2. Buat Layout XML untuk tampilan yang ke dua
 tampilan ini digunakan untuk menampilkan data yang telah dikirim dari class satu ke class yang berikutnya. seperti pada gambar 4

Gambar 4. Tampilan XML untuk class 2



3. Buatlah 3 file java baru pada project android seperti pada gambar 5.


Gambar 5. Class pada program

Keterangan: 
  • MainActivity.java adalah class yang pertama
  • class_dua.java adalah class yang kedua
  • simpan_data.java adalah class extended untuk menyimpan data sementara.
 *catatan untuk class "simpan_data.java" tidak perlu dilakukan deklarasi di android manifest karena class tidak berjalan secara langsung.

4. langsung saja teman - teman download program sederhana yang telah saya buat agar  lebih paham karena jika saya jelaskan semua pasti posting ini sangat panjang wkwkwwk . Dan semoga bermanfaat jangan lupa dibagikan ke teman-teman  mungkin ada yang membutuhkan juga.




0 komentar:

Post a Comment