Tuesday, February 7, 2017


Salam Otomasi.

Kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai sistem kendali pembuangan asap (karbon monoksida) otomatis dengan menggunakan sistem kecerdasan dasar yaitu fuzzy logic. Fuzzy logic merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam Artifical Intelegance (AI). Fuzzy logic umumnya diterapkan pada masalah - masalah yang mengandung unsur ketidakpastian (uncertainty), ketidaktepatan (imprecise), noisy, dan sebagainya. Nilai kebenaran tiap variable berikisar antara 0 dan 1. Arsitektur fuzzy logic dapat dilihat pada Gambar 1.



Gambar 1. Konsep fuzzy logic

Terdapat 3 proses utama dalam fuzzy logic yaitu fuzzification, interferance system (rule base evaluation), dan defuzzification.
  1. Fuzzification adalah proses mengubah suatu nilai input menjadi bentuk himpunan-himpunan fuzzy dengan suatu fungsi keanggotaan masing-masing, untuk mendapatkan bobot pada proses fuzzification dengan menggunakan persamaan garis y=mx+c.
  2. Rule base evaluation adalah acuan yang digunakan untuk menentukan hubungan antara input dan output sehingga dihasilkan bentuk fuzzy dengan logika IF-THEN
  3. Defuzzification adalah proses pengubahan bentuk fuzzy menjadi range parameter yang sebenarnya.
Pada alat ini terdiri dari 2 input berupa sensor CO (MQ2), sensor suhu (THERMO COUPLE) dan 1 output yaitu blower. Output perhitungan fuzzy berupa PWM yang digunakan untuk mengatur kecepatan putaran blower dengan metode penurunan tegangan. Untuk membership function yang disingkat dengan (MF) disesuaikan dengan nilai keluaran dari sensor dan PWM. Gambar 2 sampai dengan Gambar 4 adalah MF untuk masing-masing I/O.


Gambar 2. Mf untuk sensor suhu ('C)


Gambar 3. MF untuk sensor karbon (CO)


Gambar 4. MF untuk output PWM 

Untuk jumlah rule base yang terbentuk sejumlah 9 dengan detail dapat dilihat pada Gambar 5.

Gambar 5. Rule base
Dan untuk uji coba output pwm terhadap sensor dapat dilihat pada Gambar 6.

Gambar 6. Output PWM

Dari Gambar 6 diketahui bahwa apabila suhu mencapai 68 'C serta konsentrasi karbon monoksida diudara sebesar 78 ppm maka pulsa PWM yang keluar adalah 147. Untuk lebih detailnya mengenai cara kerja dari alat ini dapat dilihat pada video berikut.



Video 1. Uji coba alat

Kalau teman-teman ingin download projek full dari alat ini yang berisi:
  1. Schematic dan board PCB
  2. Pemrograman menggunakan arduino. Pada projek ini saya menggunakan arduino IDE untuk memprogram ATMEGA 16.
Berikut adalah link download dari project ini:





0 komentar:

Post a Comment