Thursday, March 2, 2017



Assalamualaikum.

Sebelum masuk ke materi Telemetri, Teman-teman terlebih dahulu harus tahu mengenai apa itu telemetri. Telemetri  adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengukuran jarak jauh dan pelaporan informasi kepada perancang atau operator sistem. Kata telemetri berasal dari akar bahasa Yunani tele = jarak jauh, dan metron = pengukuran. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan materi utama dalam telemetri adalah komunikasi serta perangkat-perangkat pendukungnya. 


Komunikasi merupakan suatu kata yang dapat diartikan sebagai cara untuk  menyampaikan  atau menyebarluaskan  data  dan  informasi,  sedangkan  informasi  adalah berita, pikiran, pendapat dalam berbagai bentuk. Komunikasi  data  adalah  bagian  dari  komunikasi  yang  secara  khusus berkenaan dengan  transmisi  atau  pemindahan  data  dan  informasi  diantara komputer-komputer  dan  piranti-piranti  yang  lain  dalam  bentuk  digital  yang dikirim  melalui  media  komunikasi  data.  Data berarti  informasi  yang  disajikan oleh isyarat digital. Komunikasi data adalah bangunan vital dari suatu masyarakat  informasi  karena  sistem  ini  menyediakan  infrastrukstur  yang  memungkinkan komputer-komputer atau pranti-piranti dapat berkomunikasi satu sama lain. Secara konsep telemetri dapat dilihat pada Gambar 1.


Gambar 1. Diagram Blok Telemetri

Telemetri merujuk pada komunikasi nirkabel (contohnya menggunakan sistem radio untuk mengimplementasikan hubungan data), tetapi juga dapat merujuk pada data yang dikirimkan melalui media lain, seperti telepon atau jaringan komputer atau melalui sebuah kabel optik. 

a. Tranducer

Merupakan  komponen  yang  bertugas  mengirimkan  informasi.  Tugas  dari  komponen  ini adalah membangkitkan  data  atau  informasi  dan menempatkannya pada media transmisi.

b.  Proses

Berfungsi untuk mengubah informasi yang akan dikirim menjadi bentuk yang  sesuai dengan media transmisi yang digunakan.

c.  Media Transmisi

Merupakan  jalur  transmisi  tunggal  atau  jaringan  transmisi  kompleks  yang menghubungkan sistem  sumber  dengan  sistem  tujuan.  Kadang  media  transmisi juga disebut sebagai pembawa data yang dikirim. 

d.  Proses

Berfungsi  mengubah  informasi  yang  telah  diterima  dari  pengirim  melalui  media transmisi. Bagian ini sinyal dari pengirim diterima dari media transmisi.

e.  Tranducer

Merupakan sistem yang berfungsi untuk menerima sinyal dari sistem transmisi  dan menggabungkannya  kedalam  bentuk  tertentu  yang  dapat  ditangkap  oleh sistem tujuan.

Pada pembahasan kali ini terdapat sub topik utama yang akan dibahas dalam sistem telemetri seperti:
  1. Komunikasi Serial dan RS485
  2. Komunikasi Mikrokontroler
  3. Pengetahuan Tentang Aplikasi Android (Mobile Computing)
  4. Komunikasi Bluetooth
  5. Komunikasi Wifi
  6. Komunikasi Data seluler.
Dari penjelasan diatas, OUTPUT UTAMA dari telemetri adalah dapat mengendalikan perangkat melalui sistem komunikasi jarak jauh. Jika ingin mendapatkan materi tentang telemetri silahkan download pada tombol dibawah ini:




Terima Kasih .... dan semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment